Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Kadisdikbud Kabupaten Murung Raya: Lopo Betang “Embrio” Peradaban Suku Dayak

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya- Pemerintah Kabupaten Murung Raya secara resmi meletakan batu pertama pembangunan Lopo Betang oleh Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph sebagai awal proses pembangunan selanjutnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kabupaten Murung Raya Paulus K. Manginte menuturkan pembangunan Lopo Betang “Perdie M. Yoseph” dibangun secara bertahap untuk 1 unit tahun ini dengan ukuran 41 M x 29 M dengan kesedian lokasi seluas 9,4 Ha yang diawali dengan peletakan batu pertama pada hari ini (22/3/2022) di Bumi Perkemahan Pramuka Puruk Cahu Sebrang. Ungkapnya

Dan pembangunan 1 unit lopo betang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Hal senadapun juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya Ferdinand Wijaya menyampaikan “Lopo betang ini merupakan embrio peradaban suku/bangsa dayak sebagai tempat dan simbol kegotong royongan sekaligus tempat musyawarah suku dayak,” Ucapnya

Serta sebagai suatu budaya yang harus dilestarikan sebagai pembelajaran/edukasi bagi generasi muda agar mereka bisa mengatahui bangsa dayak punya kebanggaan “Rumah Betang.”

Dalam proses pembangunan tentu kita akan memiliki target dan harapan, ungkap Ferdinand “pada tanggal 1 Agustus 2023 pembangunan kembar atau 2 Unit Lopo Betang sudah rampung selesai dan akan segera diresmikan bertepatan pada hari ulang tahun Kabupaten Murung Raya Ke-2.” Tutupnya (MC_Diskominfosp-rfa).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *