Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Pembinaan Administrasi Desa Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Administrasi di Pemerintahan Desa

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC-Murung Raya- Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya mengadakan pembinaan administrasi Desa. Pembinaan dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Tanah Siang yang dihadiri oleh pihak DPMD, Inspektorat, pihak kecamatan dan PLD.
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Agustus 2020 diikuti sebanyak 26 desa dimana setiap desa 4 orang, terdiri dari : 1. Kades, 2. Bendahara, 3. Sekdes 4.ketua BPD, dimana Pembinaan Administrasi Desa ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Pemerintahan Desa, kualitas pelaporan, peningkatan kedisiplinan dan melaksanakan kegiatan Pemerintahan Desa sesuai dengan aturan yang berlaku sesuai dengan dasar hukum yang ditetapkan.

Menurut Camat Tanah Siang Putu Suranta, maksud dari pembinaan administrasi adalah agar Kepala Desa dan Perangkat Desa memahami akan pentingnya penguasaan administrasi sebagai modal untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.
Lebih lanjut Putu Suranta menyampaiakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terkait dengan kewajiban yang harus diselesaikan oleh Desa pada tiap-tiap Tahun.
Administrasi Pemerintahan Desa bisa disebut sebagai manajemen penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, yang meliputi Pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan desa, mencakup perencanaan pemerintahan, pengorganisasian atau kelembagaan pemerintahan, penggunaan sumber-sumber daya, pelaksanaan urusan rumah tangga pemerintahan dan urusan pemerintahan umum, serta pengawasan penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan kewenangan dalam bidang Pemerintahan Desa.

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka mengetahui pelaksanaan Administrasi Desa khususnya pembentukan produk Hukum Desa, mengetahui progres Penyusunan tentang APBDes Tahun Anggaran 2020, dan Validasi Data Kepala Desa, Perangkat Desa dan BPD.
Dari hasil akhir pembinaan oleh Tim Pembinaan Kecamatan Tanah Siang ternyata masih juga ditemukan adanya buku-buku yang kurang lengkap pengisiannya walaupun secara umum sudah ada perubahan, dan menekankan agar kinerja yang sudah menjadi tugas pokok dan fungsinya dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (MC DiskomimfoSP Mura)

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *