Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Wakil Bupati Murung Raya Ikuti Aksi Nasional Pencegahan Korupsi Secara Virtual

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC-Murung Raya- Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK) sebagai sarana komunikasi upaya pencapaian Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) digelar pada 26 Agustus 2020. Presiden RI Joko Widodo membuka acara ini secara virtual, bersama Ketua KPK Firli Bahuri.
Acara yang diawali dengan laporan dari Ketua KPK Firli Bahuri yang melaporkan pencapaian aksi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) setelah berjalan selama 2 tahun sejak 2018.

Menurut Firli Stranas PK memiliki tiga fokus sektor, yaitu perizinan dan tata niaga, keuangan negara serta reformasi birokrasi dan penegakan hukum. Ketiga fokus tersebut diterjemahkan ke dalam 11 aksi dan 27 sub aksi yang dijalankan oleh 51 kementerian/lembaga dan 542 pemda.
Seluruh rangkaian kegiatan ANPK ditayangkan melalui Youtube KPK, juga akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan RRI.

Dalam acara tersebut Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Aksi Nasional Pencegahan Korupsi yang diprakarsai oleh KPK. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Menteri Pertanian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Gubernur Sulawasei Selatan, beberapa Bupati, BPJS, KASN dan dari KPK sendiri.

Sasaran dari acara ini mencakup dua hal yaitu peneguhan kembali komitmen semua pemangku-kepentingan dan penyampaian apresiasi kepada instansi pusat dan pemerintah daerah yang telah berhasil menjalankan beberapa dimensi dari Stranas PK.
Ada 6 tema gelar wicara yang akan digelar, yakni pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk Program Subsidi Pemerintah, Penerapan E-Katalog dan Market Place dalam Pengadaan Barang dan Jasa, Keuangan Desa, Penerapan Manajemen Anti-Suap, Pemanfaatan Peta Digital dalam Pelayanan Perizinan Berusaha, dan Reformasi Birokrasi.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyerahan penghargaan kepada beberapa Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Mereka dinilai telah melakukan praktik baik (good practice) dalam aksi-aksi pencegahan korupsi di lingkup kerjanya. Praktik ini diharapkan dapat ditiru atau direplikasi oleh instansi dan pemerintah daerah lainnya.

Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor yang di damping Kadiskominfo SP Bimo Santoso dan Plt. Inspektur Rudi Roy menyampaikan dukungannya terhadap upaya untuk melakukan praktik baik dalam aksi pencegahan korupsi di Kabupaten Murung Raya. (MC DIskominfoSP Mura)

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *