Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan dan Mitigasi Bencana Alam

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC-Murung Raya- Bertempat di Bundaran Mura Emas Jl. Jend. Sudirman Puruk Cahu telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan dalam rangka Penanggulangan dan Mitigasi Bencana Alam di wilayah Kab. Mura Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (31/12/2020).
Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan dalam rangka Penanggulangan dan Mitigasi Bencana Alam di wilayah Kab. Mura Provinsi Kalimantan Tengah dipimpin AKBP I GEDE PUTU W, S.H., S.I.K, M.H., di hadiri oleh Wakil Bupati Mura, Rejikinoor, Sekda Kab. Mura, Hermon, Ketua DPRD Kab. Mura Doni, Wakapolres Mura Kompol Wawan Ariananda, SH, Pabung Kodim 1013, Danki C 631/Antang, Wakil dari Kabid BPBD, Damkar, Personil TNI, Personil Polres Mura, Personil BPBD dan Personil Damkar.

Dalam Amanatnya Kapolda Kalteng yang di bacakan oleh Kapolres Mura selaku Pimpinan Apel disampaikan bahwa kegiatan apel ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polda Kalteng, sebagai representasi kesiapan Polri bersama TNI dan stake holder lainnya untuk menghadapi bencana alam di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah;

“Dalam kesempatan ini juga Polda Kalteng melaksanakan kegiatan Bansos Kamis Berkah sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19;” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda mengutarakan bahwa di wilayah Provinsi Kalteng berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG sudah memasuki musim penghujan dengan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat dengan disertai petir/kilat dan angin kencang dengan jarak pandang mendatar 2 Km, puncaknya terjadi pada bulan Januari sampai dengan April 2021;

“Oleh karenanya agar di cek betul kesiapsiagaan satuan tugas, kesiapan peralatan, ketersediaan bahan pangan serta kebutuhan yang di perlukan selama menghadapi cuaca ekstrim, karena bila bencana alam terjadi akan dapat mengancam jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis masyarakat terlebih pada situasi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini’ Ungkapnya.

Selanjutnya Kapolda dalam amanatnya mengharapkan agar semakin ditingkatkan Sinergitas TNI dan Polri dengan Instansi terkait guna menyamakan langkah dan strategi dalam menanggulangi bencana alam. dalam kesiapan penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas dari TNI dan Polri, pemerintah daerah maupun instansi terkait, tapi merupakan tugas semua pihak.

Menutup amanatnya Kapolda berpesan “Saya berpesan agar masing-masing satuan tugas siapkan mental dan fisik yang prima dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi, hindari timbulnya ego sektoral dalam penanganan tugas penanggulangan bencana alam di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, dengan demikian kita akan mampu mengatasi kendala yang dihadapi dalam menyelamatkan warga masyarakat yang menjadi korban bencana alam” pesannya. (MC DiskominfoSP Mura)

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *