Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Bupati Murung Raya Membantu Masker Untuk Relawan Desa

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Peristiwa penyebaran Virus Corona (Covid-19) hingga saat ini menjadi momok yang sangat menakutkan, karena hingga saat ini sudah ribuan orang di ratusan Negara seluruh dunia termasuk di Indonesia mengalaminya. Hal inilah yang membuat berbagai kalangan melakukan upaya antisipasi penyebaran virus corona dilakukan hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M. Yoseph telah menginstruksikan kepada Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Murung Raya untuk membentuk relawan desa dalam melawan virus corona. Pembentukan relawan desa dalam melawan Covid-19 sangat penting mengingat wabah virus corona semakin meningkat di daerah ini sehingga diperlukan antisipasi dini agar virus mematikan tersebut bisa dicegah penularannya.

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Murung Raya Nomor: 460/112/DPMD tentang Pengendalian Dana Desa dalam membentuk Desa Tanggap Covid-19. Surat edaran ini mengacu kepada surat edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020.

Adapun strukturnya kata Bupati Mura, terdiri dari ketua relawan dari Kepala Desa masing-masing, wakil dari ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sedangkan untuk anggota terdiri dari perangkat desa, anggota BPD, ketua RW, ketua RT, pendamping lokal desa, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Bidan desa, kader posyandu desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh Masyarakat dan karang taruna serta bermitra dengan Babinkamtibmas, Babinsa dan pendamping desa.

Tugas relawan desa lawan Covid-19, yakni melakukan pencegahan melakukan edukasi melalui sosialisasi melalui pengumuman yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait dengan Covid-19, baik gejala, cara penularan, maupun langkah-langkah pencegahannya. Mendata penduduk rentan sakit, seperti orang tua, balita, serta orang memiliki penyakit menahun, penyakit tetap dan penyakit kronis Iainnya. Mendirikan posko pemeriksaan darurat tanggap Covid-19 di pintu masuk desa masing-masing. melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di tempat umum seperti Balai desa. Menyediakan alat kesehatan untuk perlindungan, serta pencegahan penyebaran wabah dan penularan Covid-19, menyediakan informasi penting terkait dengan penanganan Covid-19 seperti nomor telepon Puskesmas, petugas kesehatan di desa. Melakukan deteksi dini penyebaran Covid-19, dengan memantau pergerakan masyarakat melalui pencatatan tamu yang masuk ke desa, pencatatan keluar masuknya warga desa setempat ke daerah lain, pendataan warga desa yang baru datang dari rantau.

Relawan Desa ini juga diharapkan membantu pemantauan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 dalam proses isolasi di rumah, memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul atau kerumunan banyak orang, seperti pengajian, pernikahan, dan hajatan atau kegiatan serupa lainnya.

Bantuan Bupati Mura tersebut diserahkan oleh Kadis Perindagkop UKM Kab. Mura

“Meski demikian Relawan Desa ini senantiasa tetap melakukan koordinasi secara intensif dengan Pemerintah Kecamatan, Kabupaten, maupun Gugus Tugas yang telah dibentuk, ” ungkap Kadis PMD Sarwo Mintarjo, saat menerima bantuan masker dari Bupati Perdie M. Yoseph untuk para relawan desa dalam melawan Covid-19. Bantuan Bupati Mura tersebut diserahkan oleh Kadis Perindagkop UKM Kab. Mura Kariadi, yang menyampaikan bahwa dalam waktu dekan juga akan mengadakan pasar murah di kecamatan-kecamatan. Selasa (05/5/2020). (DiskominfoSP_Anr).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *