Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Diskominfo SP Mura Gelar Bimtek Pemanfaatan Teknologi dalam Pengelolaan Data Menggunakan Sigmon

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

Murung Raya, InfoPublik –Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Skill Pegawai dengan Pemanfaatan Teknologi dalam Pengelolaan Data Menggunakan Aplikasi Signal Monitoring/Pengukur Signal (sigmon) digelar di Aula Balairung Abdi Praja, Kantor Kecamatan Murung, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Murung Raya (Mura) melalui bidang Penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Persandian.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Diskominfo SP Kab.Mura Eberson, saat membuka kegiatan Bimtek Aplikasi Sigmon mengatakan, Sigmon adalah aplikasi yang digunakan oleh Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI untuk memeriksa dan juga memantau kualitas layanan nirkabel di wilayah Indonesia, khususnya saat ini di Kabupaten Murung Raya.

Hal tersebut guna memastikan layanan internet yang memadai untuk seluruh Masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam, kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penyelenggaraan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Persandian H. Ahmad Syafii dalam paparannya menjelaskan melalui aplikasi Sigmon, pengguna dapat menguji kecepatan dan performa koneksi internet dengan menggunakan fitur signal speed test.

“Aplikasi Sigmon dapat diakses melalui situs web sigmon.kominfo.go.id dan juga melalui aplikasi mobile yang dapat beroperasi iOS dan Android,” jelas H. Ahmad Syafii.

Ia juga mengatakan, aplikasi Sigmon merupakan aplikasi yang real time melaporkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) mengenai kualitas sinyal seluler yang sedang digunakan oleh pengguna secara berkala.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari perwakilan tiap-tiap desa/kelurahan maupun kecamatan yang ada di Kecamatan Murung. Dalam kegiatan tersebut peserta langsung diajarkan pengoperasian penggunaan aplikasi Sigmon. (DiskominfoSP_Nof, Res).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *