Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Khidmat, Ratusan Umat Kristiani Ikuti Ibadah Jumat Agung di Gereja Hosana

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya – Ratusan umat atau jemaat kristiani mengikuti ibadah Jumat Agung secara khidmat di Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Hosana Puruk Cahu, jalan Gereja No 01 Kabupaten Murung Raya. Jumat Agung adalah hari peringatan dari peyaliban Yesus Kristus di bukit Golgota. Jumat Agung selalu diperingati setiap tahun pada hari jumat sebelum minggu Paskah.

Pantauan di lapangan, jemaat mengikuti ibadah di Gereja Hosana Puruk Cahu yang dimulai pukul 09.00 WIB. Sebelum masuk ke gereja, mereka terlebih dahulu melakukan cek suhu tubuh, memakai hand sanitizer dan lainnya. Pada bagian halaman gereja panitia menyiapkan tenda-tenda besar untuk jemaat serta ibadah tersebut disiarkan secara live streaming.

Diketahui, beberapa gereja di Murung Raya juga melaksanakan ibadah lebih dari satu kali untuk memberi kesempatan kepada jemaat lainnya untuk datang dan mengikuti ibadah pada momen sakral ini, Jumat (15/4/2022).

Pdt. Hendri, S.Th saat menyampaikan pemberitaan Firman Tuhan, mengajak seluruh jemaat memaknai hari Jumat Agung sebagai pengorbananNya (Tuhan Yesus) kepada umat manusia. Tuhan Yesus disalibkan dan mati. Di dalam ayat-ayat alkitab tadi yang kita baca (Yohanes. 19:16b-30) menegaskan bahwa sebenarnya kematian penderitaan itu bukan sesuatu yang menguasai Dia, kesakitan di atas salib tidak membuat mati bila Dia tidak menyerahkan nyawanya dengan berkata “Sudah Selesai”.

“Jumat Agung ini, kita bersyukur kepada Tuhan atas segala kasih yang selalu Dia berikan kepada kita. Biarlah kehendak Tuhan saja yang jadi atas hidup kita karena rencana Tuhan itu indah dan tidak akan sekali-kali Ia meninggalkan kita. Selamat memperingati Jumat Agung dan selamat menyongsong hari Paskah tahun 2022, kiranya persekutuan kita semakin kuat bersama Tuhan,” tutur Pdt. Hendri, S.Th.

Setelah pemberitaan Firman Tuhan yang disampaikan Pdt. Hendri, S.Th, dilanjutkan doa syafaat oleh Pdt. Ardiah Indah, S.Th dan kemudian dilaksanakan sakramen parjamuan Kudus dipimpin Pdt. Gudmar Untung, S.Th yang diikuti seluruh jemaat yang hadir.

Sementara usai ibadah, saat dimintai keterangan oleh Tim MC Diskominfo SP Mura, Ketua panitia perayaan Jumat Agung, Paskah dan HUT GKE ke-183 Jemaat GKE Hosana Puruk Cahu, Batara mengatakan kita bersyukur karena pada tahun ini kita merayakan Jumat Agung, Paskah dan HUT GKE dengan melaksanakan berbagai kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Pelaksanaan kegiatan Jumat Agung, Paskah, HUT GKE, dari panitia telah melaksanakan berbagai macam kegiatan antara lain kegiatan pembersihan lingkungan gereja, pengobatan gratis, pembagian sembako, penjualan pakaian layak pakai dan kegiatan perlombaan/ pertandingan yang diikuti warga jemaat. Setelah ibadah Jumat Agung tadi panitia juga menyiapkan hidangan makan bersama” ungkap Batara.

Batara juga menyampaikan, besok hari sabtu 16 april 2022 pukul 17.00 WIB di Gereja Hosana Puruk Cahu akan dilaksanakan puncak peringatan Jumat Agung, Paskah dan HUT GKE, dengan malam puji-pujian. Kemudian hari minggu 17 april 2022 pukul 04.00 WIB akan dilaksanakan kebaktian subuh Paskah di pemakaman dan juga dilaksanakan Kebaktian Paskah I di Gereja Hosana diantaranya pukul 06.00 WIB, 09.00 WIB dan 16.00 WIB. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *