Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Lomba Desa Tingkat Provinsi, Desa Muara Jaan Wakili Murung Raya

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya – Desa Muara Jaan, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura) dinilai dalam lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2022. Acara penilaian dilaksanakan di kantor desa Muara Jaan. Hadir Wakil Bupati (Wabup) Mura Rejikinoor, Sekda Mura Hermon, tim penilai dari Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab.Mura Asnawiyah, Camat Murung Fitrianul Fahriman dan jajaran terkait lainnya, Senin (13/6/2022).

Wabup Mura Rejikinoor dalam sambutannya menyampaikan, terselenggaranya lomba desa pada hari ini, mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 13 Tahun 2007 Tentang pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan.

Rejikinoor menerangkan, Adapun maksud diselenggarakannya Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan tengah Tahun 2022 di Desa Muara Jaan Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya antara lain yaitu untuk mendorong usaha percepatan pembangunan masyarakat yang didukung dengan pendapatan yang cukup besar baik yang bersumber dari APBD maupun APBN, memacu dan memotivasi desa untuk mengutamakan tertib administrasi dalam rangka memberikan pelayanan dan pengayoman dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat, meningkatkan aktifitas dan kreatifitas perangkat Desa dalam membina masyarakatnya sebagai sumber daya manusia yang berpotensial dalam segala bidang dan meningkatkan pengelolaan keuangan desa termasuk pendayagunaan dana pembangunan desa yang bersumber dari pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten agar lebih mendorong pelaksanaan pembangunan dan pelayanan umum untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

“Salah satu komitmen yang dilakukan pemerintah sekarang adalah mendorong percepatan pembangunan di desa. Karena indikator keberhasilan pembangunan di suatu daerah tertentu dapat terlihat dari keberhasilan pembangunan di Desa. Kemajuan suatu daerah (Kabupaten) sangat tergantung dari kemajuan desa-desa yang ada pada Daerah tersebut,” tutur Rejikinoor saat membacakan sambutan Bupati Mura Perdie M. Yoseph.

Wabup Rejikinoor juga menghimbau dan mengharapkan, agar melalui pelaksanaan lomba desa ini semua komponen masyarakat dari berbagai unsur yang ada di desa, kiranya dapat menunjukan jati diri sebuah desa dengan cara membaur dan melibatkan diri guna menunjukan semangat gotong royong, bahu membahu, bekerjasama, berpartisipasi, kompak dan solid secara utuh dalam rangka meningkatkan kemajuan pembangunan yang menjadi harapan kita bersama sebagaimana desa dan masyarakat dalam kesehariannya tercermin pada saat penilaian lomba desa ini berlangsung.

Plt. Kadis PMD Provinsi Kalteng Aryawan yang diwakili oleh Bernie Saputra selaku Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Dinas PMD Provinsi Kalteng dalam sambutannya mengatakan, pada hari ini, Desa/Kelurahan ini telah terbukti berhasil melaksanakan program pembangunan untuk memajukan Desa/kelurahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan diperolehnya predikat juara I tingkat Kabupaten/Kota ini.

Ia juga menjelaskan, sebagai salah satu tugas pokok pemerintah dalam rangka mengevaluasi perkembangan masyarakat, perlombaan Desa dan Kelurahan yang dilaksanakan setiap tahun merupakan hal penting, karena melalui lomba ini efektifitas kebijakan dan program-program pembangunan yang telah dilaksanakan serta hasil pembangunan dan pemberdayaan dapat dievaluasi secara komprehensif, integral dan terkoordinasi sehingga dapat diketahui progres dan kemajuan masyarakat sebagai ampak positif perkembangan yang diukur secara rutin dan berkala.

“Atas nama tim penilai lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 saya sampaikan penghargaan dan apresiasi, mudah-mudahan prestasi ini dapat ditingkatkan lagi, apabila nantinya setelah penilaian tim tingkat Provinsi selesai secara menyeluruh, Desa Kelurahan ini dapat lebih unggul dari desa/ kelurahan yang lain di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, karena sudah pasti bahwa jika masyarakat semakin berdaya, semakin mandiri dan tingkat kesejahteraan menjadi lebih baik, maka akan tercipta pondasi yang kuat bagi pembangunan daerah,” ucapnya. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *