Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Lopo Betang, Wujud Identitas Kebudayan Dayak Khususnya Kabupaten Murung Raya

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya – Peletakan Batu pertama pembangunan Lopo Betang Perdie M. Yoseph menjadi salah satu rangkaian kegiatan sebelum pelaksanaan rapat kerja daerah budaya dan pariwisata Kalimantan Tengah (Kalteng) di Kabupaten Murung Raya (Mura).

Lopo Betang ini berada didekat sekitaran Bumi Perkemahan Puruk Cahu/ jl. Lintas Kalimantan Poros Tengah.

Dalam pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan Lopo Betang yang akan menjadi terbesar dan terunik di Kalteng ini turut dihadiri langsung oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Hj Adiah Chandra Sari yang turut melakukan peletakan batu pertama bersama Bupati Mura, Perdie M. Yoseph.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mura, Ferdinand Wijaya dalam sambutannya menjelaskan bahwa lokasi pembangunan Lopo Betang Perdie M.Yoseph ini sangat strategis dengan luas lahan kurang lebih 10 hektar yang berada di lahan Bumi Perkemahan (Buper) ketika memasuki wilayah Kota Puruk Cahu.

“Situs budaya di Mura akan berfokus disini bahkan harapannya dapat menjadi maskot. Pembangunan Lopo Betang ini dilakukan secara bertahap untuk tahun 2022 ini kita akan bangun satu unit, targetnya sendiri diharapkan dapat diresmikan pada 1 Agustus 2023 mendatang bertepatan dengan HUT Mura ke 21 nantinya,” jelasnya, Selasa (22/3/2022).

Lopo Betang ini akan menjadi pusat dari kegiatan budaya dan juga sebagai kenang-kenangan masa jabatan saya sebagai Bupati Mura dua periode, pembangunan Lopo Betang ini juga tepat berada pada wilayah pengembangan tata Kota Puruk Cahu yang berada pembangunan Makodim, Mako Brimob, Gedung KPU Mura dan Pengadilan Agama,” ujar Perdie.

Bupati Mura menyampaikan dengan adanya Lopo Betang tersebut untuk menjaga kelestarian budaya terutama bagi kalangan milenial sebagai wujud identitas kebudayaan suku Dayak di Kalteng khususnya pada Kabupaten Murung Raya. (DiskominfoSP_Nof).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *