Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Peletakan Batu Pertama, “Lopo Betang” Rumah Kebanggaan Suku Dayak

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter

MC_Murung Raya- Pemerintahan Kabupaten Murung Raya masa pimpinan Bupati dan Wakil Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph dan Rejikinoor dipercayakan menjadi tuan rumah Rakor Budaya se-Kalimantan Tengah, kesempatan itupun tidak disia-siakan oleh Bupati Murung Raya dengan serangkaian kegiatan “Peletakan Batu Pertama Pembangunan Lopo Betang Perdie M. Yoseph” yang berada di Bumi Perkemahan Pramuka Puruk Cahu Sebrang, Selasa (22/3/2022).

Peletakan Batu pertama dihadiri oleh unsur perwakilan Dinas Budaya Dan Pariwisatan Prov. Kalimantan Tengah, dan 13 Kabupaten 1 Kota Madya Palangka Raya serta Wakil Bupati Murung Raya, Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya, Wakapolres Murung Raya, Perwira Penghubung Kodim 1013 MTW, Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Murung Raya, dan Sekretaris Umum DAD Kabupaten Murung Raya serta Kepala SKPD Kabupaten Murung Raya dan unsur lainnya.

“Bangunan 2 unit Lopo Betang Perdie M. Yoseph ini dibangun secara bertahap diatas lahan seluas 2,7 Ha dari luas lahan tersedia 9,4 Ha sesuai rencana detail tata ruang terbuka hijau seluas 78 Ha yang ada di Kota Puruk Cahu,” Ungkap Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph.

Pembangunan Lopo Betang “Kembar” untuk tahap pertama tahun ini dibangun satu unit berukuran 41 M x 29 M dan selanjutnya akan dibangun pada tahun 2023 yang menggambarkan sebuah kekuatan identitas dayak yang profesional dan seimbang.

Dalam proses pembangunan Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph menargetkan akan selesai pada tanggal 1 Agustus 2023 bertepatan hari ulang tahun Kabupaten Murung Raya Ke- 21, “Lopo Betang Perdie M. Yoseph” akan diresmikan.

Bupati Perdie juga menjelaskan pembangunan Lopo Betang berada di jalur lalu lintas keluar masuk menuju Kota Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya, Tuturnya

“Ketika orang masuk atau keluar secara tidak langsung tergambar dibenak pikiran suku dayak punya kebanggaan memiliki Rumah Betang atau “Lopo Betang” dan jangan sampai nilai budaya kita sendiri sedikit demi sedikit akan hilang fisik, identitas yang menjadi kebanggaan suku dayak. Pungkasnya (MC_Diskominfosp-rfa).

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *