Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Pemkab Murung Raya Dukung Penuh Program Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC-Murung Raya- Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) mendukung penuh program gerakan diversifikasi pangan lokal yang dicanangkan Kementerian Pertanian sebagai salah satu upaya mengurangi konsumsi beras yang hingga kini masih cukup tinggi.

“Kami menyambut baik dan siap melaksanakan program diversifikasi pangan lokal di Kalteng,” kata Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor pada acara pencanangan gerakan diversifikasi pangan lokal dan ekspose UMKM pangan Kementerian Pertanian yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Murung Raya secara virtual DI Aula Setda Kab. Mura, Rabu (19/8/20200).

Wakil Bupati mengatakan program dimaksud sebagai salah satu upaya penganekaragaman pola konsumsi pangan lokal masyarakat di Kabupaten Murung Raya.

Wakil Bupati secara pribadi dan atas nama pemerintah juga memberi apresiasi yang tinggi kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan seluruh tim teknis atas pembinaan kepada kelompok wanita tani pangan lestari di Mura.

Murung Raya memiliki keanekaragaman bahan pangan, dengan berbagai jenis keanekaragaman pangan itu, ada yang diolah dengan cirta rasa khas dan bergizi tinggi dan banyak pula yang dimakan mentah seperti buah dan sayur-sayuran sehat dan menyegarkan.

Indonesia, kata dia, tidak kekurangan bahan pangan karena dimanapun ada tanaman lokal yang tumbuh subur. Di desa-desa dan pedalaman,termasuk di Mura, para leluhur mengajarkan bercocok tanam dan memilih tanaman di hutan yang bermanfaat untuk kehidupan. Mereka sangat bijaksana dan memiliki pengetahuan yang tinggi sehingga tidak merusak hutan dan lingkungan.

“Malah sebaliknya hutan dan alam tetap terjaga kesuburannya dan inilah yang sangat kita harapkan bersama,” kata Rejikinoor.

Karena itu, kata Wabup Rejikinoor, melalui gerakan pangan lokal dan ekspose UMKM pangan lokal, diharapkan masyarakat di Mura untuk kembali membiasakan diri mengkonsumsi makanan pangan lokal yang jauh lebih sehat dan bergizi.

“Mari kita biasakan diri untuk konsumsi makanan pangan lokal yang cukup tersedia di daerah kita ini,” ajak Wabup Rojikinoor.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mura, Syahrial Pasaribu mengatakan persoalan pangan sangat penting dan mendapat perhatian pemerintah. Gerakan diversifikasi pangan lokal dan ekspose UMKM merupakan program yang sedang dicanangkan Kementerian Pertanian dalam rangka mengurangi ketergantungan pada pangan beras.

“Sebenarnya program ini sudah lama dilakukan di Mura. Hanya saja memang konsistensinya yang tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Karena itu, dengan gerakan ini, pangan lokal mampu menjawab kebutuhan ketahanan pangan nasional. ” Ujar mantan Kadis Nakertrans ini.

Hadir dalam acara Vidcon ini mendampingi Wabup Kadis Ketahanan Pangan Syahrial Pasaribu, Kadis Pertanian, dan Perikanan Pujo Sarwono, Kadis Perindagkop UKM, Nyarutono Tundjan dan yang mewakili Dikominfo.(MC DiskominfoSP Mura)

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *