Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Secara Virtual Wabup Ikuti Rakor Tindaklanjut Arahan Presiden RI Terkait Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Vaksinasi di Kalteng

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC_Murung Raya – Bertempat di ruang kerja Bupati, kantor Bupati Murung Raya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Murung Raya (Mura) mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi (Rakor) Tindaklanjut Arahan Presiden RI Terkait Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Vaksinasi di Kalteng, Rabu (19/5/2021).

Hadir mengikuti rakor secara virtual tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Mura Rejikinoor, Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana, Komandan Kodim 1013 Mtw Letkol Kav Rinaldi Irawan dan stakeholder terkait lainnya.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran pimpin rakor Kepala Daerah dan Forkopimda Provinsi/Kabupaten/Kota, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng. Rakor digelar dalam rangka tindaklanjut Arahan Presiden Republik Indonesia (RI) terkait Evaluasi Penanganan Covid-19 dan Vaksinasi di Provinsi Kalteng.

Dalam arahannya Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan dalam Pengarahan Presiden RI pada hari Senin tanggal 17 Mei 2021 lalu, Presiden Joko Widodo berulang kali menegaskan kepada seluruh Gubernur, Bupati/Walikota didukung TNI, Polri dan lembaga lainnya supaya hati-hati dalam penanganan Covid-19 setelah libur lebaran. Bahkan Provinsi Kalteng disebutkan secara khusus lebih hati-hati karena termasuk dalam 15 Provinsi yang mengalami tren kenaikan kasus covid-19 dan ditemukannya varian baru covid-19.

H. Sugianto Sabran memberikan saran dan masukan untuk mempercepat vaksin yakni agar Kabupaten/Kota agar mempercepat proses refocusing anggaran, melakukan upaya percepatan vaksinasi massal dengan melibatkan unsur perangkat desa dan kader dan memperkuat upaya sosialisasi dan promosi dengan melibatkan semua unsur perangkat. Selain itu, upaya percepatan vaksinasi pada lansia yakni pertama, dengan menggerakkan organisasi lansia (TNI, Polri, LSM, komunitas dan organisasi keagamaan dan lain-lain). Kedua, sentra vaksinasi, untuk 1 sasaran harus membawa 1-2 lansia. Ketiga, memanfaatkan Posyandu Lansia sebagai tempat pelayanan vaksinasi. Terakhir, melakukan identifikasi tempat/panti lansia yang ada di wilayah masing-masing dan melakukan mobile vaksinasi di wilayah tersebut.

Untuk membatasi penularan, H. Sugianto Sabran menghimbau Bupati/Walikota membuat surat edaran pasca mudik/perjalanan wajib karantina dan menyiapkan tempat karantina tersebut. Selain itu, kabupaten/kota agar membanyak testing pada semua sasaran, tidak hanya yg bergejala dan jika ditemukan konfirmasi, dilakukan tracing secara masif.

Sementara itu Wabup Mura Rejikinoor mengatakan, terakait vaksinasi, data perkembangan vaksinasi tahap 1 total 3837, tahap 2 total 3378. Single dose 2320 vial (terdistribusi semua), multidose total terima 1500 vial (sisa 244 vial, terdistribusi 1256 vial).

“Tabel rekapitulasi masyarakat Murung Raya yang terpapar Covid-19 per tanggal 18 Mei 2021, jumlah dalam perawatan 11 orang, sembuh 1203 orang, meninggal 23 orang, total terkonfirmasi 1237,” ucap Rejikinoor.

Wabup juga menghimbau, “kepada masyarakat untuk selalu patuhi prtokol kesehatan, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19”. (DiskominfoSP_Nof).

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *