Search
Close this search box.

Adalah Salah Satu Kontributor Media Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Tim Gugus Tugas Covid-19 Murung Raya Sosialisasi dan Bagi Masker di Pasar

Facebook
Telegram
WhatsApp
Email
Twitter
MC Murung Raya- Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Murung Raya melakukan aksi turun ke Pasar Pelita Hilir, Pelita Hulu danPasar Bahitom guna melakukan sosialisasi dan memberikan informasi kepada masyarakat bahaya penyebaran Virus Corona, Senin (30/3/2020).

Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19, Pemkab Murung Raya juga membagikan masker kepada para pedagang di Pasar Pelita, dan Pasar Bahitom. Pembagian masker ini dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Seperti diketahui saat ini Gugus Tugas pencegahan Covid-19 secara rutin, melakukan langkah-langkah pencegahan. Dan saat ini diumumkan 10 orang dalam pengawasan (ODP) dan 2 pasien dalam pengawasan (PDP). Ratusan masker dibagikan Sekda Kab. Murung Raya sekaligus ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Hermon. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Suria Siri bersama Kadis Perdagangan Koperasi dan UMK Kab. Murung Raya Kariadi, Kasatpol PP Iskandar, Kepala BPBD Markudius Dani. Mereka menyebar di tiga ltitik lokasi. Walaupun cuaca hujan mengguyur Kota Puruk Cahu dari tadi malam, Tim Gugus tugas tetap semangat memberikan sosialisai dan pembagian masker kepada para pedagang. Bahkan mobil unit BPBD juga dioperasikan dengan pengeras suara, menyampaikan informasi langsung disepanjang jalanan Kota Puruk Cahu sejak pagi. Selain pemberian masker Tim Gugus Tugas Covid-19 juga memberikan sosialisasi sekaligus edukasi kepada para pedagang agar tetap menjaga kebersihan. Salah satunya dengan mencuci tangan sesering mungkin agar terhindari dari berbagai macam penyakit dan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan dimanapun berada.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Hermon, mengajak seluruh tim agar dapat memberikan informasi dan sosialisasi dengan cara yang santun dan terarah yang terpenting sasaran dan target dapat tercapai. “penyampaian informasi harus santun, tindakan harus terukur itulah ASN yang profesional, menghimbau tanpa menciderai perasaan masyarakat namun program kita tetap jalan” papar Hermon.
Selain itu, Kadis Perdagangan Koperasi dan UMK Murung Raya, Kariadi mengajak masyarakat untuk tidak berbelanja berlebihan, dan stok barang berlebihan. Pemerintah menjamin ketersediaan stok barang dan sembako kepada seluruh tim, agar dapat mengedukasi masyarakat. “kita sampaikan informasi kepada masyarakat agar tidak tertular penyebaran virus Corona ini, edukasi masyarakat dan kita berikan contoh, serta mengedukasi masyarakat agar tidak belanja berlebihan dan menyetok barang berlebihan karena pemerintah menjamin ketersediaan stok barang dan sembako” ungkap Kariadi.

Secara terpisah, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor menambahkan, berbagai ikhtiar dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Murung Raya. Mulai dari penyemprotan disinfektan di berbagai area publik, perkantoran hingga hingga pasar, penerapan social distancing, menghentikan untuk sementara waktu kegiatan belajar mengajar di sekolah, menutup tempat hiburan/kafe dan penerapan protokol kesehatan di berbagai area publik. “kita tahu, saat ini Covid-19 telah menjadi pandemik di seluruh negara, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, saya mohon kepada masyarakat khususnya Murung Raya untuk sama-sama bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Melakkukan sterilisasi dengan disinfektan secara mandiri, tidak membeli bahan makanan pokok dengan berlebihan, tetap waspada dan jangan panik,” tegas Rejikinoor. (MC DiskominfoSP Mura)

]]>

Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *